7 Juni 2015

Tips membersihkan dan menata rumah

Tips membersihkan dan menata rumah

Rumah yang bersih dan tertata rapi adalah idaman bagi kebanyakan orang. Home sweet home, semakin rapi dan bersih semakin nyaman untuk ditinggali. Namun ternyata membersihkan dan menata rumah kadang membuat sebagian orang kesulitan untuk melakukannya.

Berikut ini tips singkat untuk membuat rumah tetap bersih dan rapi tertata dengan langkah yang mudah dan efisien.

1. Buat perencanaan. Coba kelilingi rumah dan periksa luar-dalam. Pilih apa saja yang perlu dibuang dan dipertahankan. Assess the situation. Pastikan barang yang tidak terpakai disingkirkan agar tidak memenuhi ruangan.
2. Pilih ruang terbaik dalam rumah dan jadikan prioritas untuk tempat yang bisa untuk publik. Atur dan susun barang apa yang cocok untuk tempat tersebut. Pastikan juga perabotan yang ada mudah untuk dibersihkan. 
3. Kumpulkan dan buang barang-barang kecil yang ada di rumah ke dalam plastik. Misalnya serpihan kertas, tutup botol, karton bekas, pulpen yang sudah habis, dll.
4. Periksa isi lemari, gudang, kotak obat, dll. Singkirkan apa yang tidak perlu. Buang semua sampah.
5. Gunakan kemoceng, sapu, dan penyedot debu untuk membersihkan rumah mulai dari atap, langit-langit, dan semua sudut rumah. Singkirkan pula sarang laba-laba, sarang tawon, dll.
6. Lap furnitur, kaki meja, jendela, pintu, dan semua bagian yang ada di rumah.
7. Atur tempat tidur dan tata susunan bantal gulingnya dengan rapi.
8. Gunakan kontainer/ wadah khusus untuk menata barang-barang sesuai dengan kategorinya masing-masing. Misalnya alat tulis, kunci, kertas, dll. Beri label dengan tulisan pada kontainer agar mudah menemukan barang tersebut.
9. Pastikan Anda meletakkan setiap barang di tempatnya masing-masing. Jaga supaya anggota keluargalain juga melakukan hal yang sama.
10. Segera bersihkan rumah jika sedikit kotor/ berantakan. Jangan tunggu hingga rumah berubah menjadi kapal pecah.


Load disqus comments

1 comments: