Persiapan Belajar Anak Usia Dini dari Beragam Aspek (Bagian 2)
Postingan ini merupakan sambungan dari bagian 1 yang mengulas tentang Aspek Personal, Sosial dan Emosional anak dalam proses belajar.
Aspek Perkembangan Fisik
1. Kemampuan Bergerak dan Kontrol
Diharapkan anak mampu menunjukkan kontrol diri dan koordinasi yang bagus baik dalam gerakan kecil maupun besar. Mereka bisa bergerak dengan percaya diri ke arah lain dan bisa mengontrol diri di ruangan dengan aman. Mereka juga diharapkan mampu untuk menggunakan peralatan dan perlengkapan secara efisien dan tepat, misalnya seperti menulis dengan pensil atau menggambar dengan krayon.
2. Kemampuan Menjaga Kesehatan dan Perawatan untuk Diri Sendiri
Anak-anak juga perlu tahu dan mampu melakukan aktivitas berkaitan dengan kesehatan dirinya. Mulai dengan melakukan olah raga, makan makanan sehat, dan bisa mengkomunikasikan bagaimana untuk tetap sehat dan aman. Mereka perlu mengatur rutinitas atau kebiasaan baik terkait dengan dasar-dasar cara mencuci tangan yang benar, berpakaian yang bersih, dan menggunakan toilet dengan higienis.Kemampuan Literasi
3. Kemampuan Membaca
Anak-anak perlu belajar membaca dan memahami kalimat sederhana. Mereka perlu mengetahui makna dari kata-kata yang umum dipakai dan bisa mengucapkannya dengan akurat.
Mereka juga perlu kadangkala membaca istilah-istilah asing atau yang tidak umum dan mengetahui artinya. Mereka juga perlu belajar memahami apa yang dibaca dengan mendiskusikannya kepada orang lain.
Anak-anak diharapkan mampu menulis kata-kata yang diucapkan dengan benar. Mereka juga perlu mengetahui kata yang umum dan yang tidak umum untuk memperkaya kosa-katanya. Mereka perlu belajar menulis kalimat sederhana yang bisa dibaca baik oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain.
Mereka juga perlu kadangkala membaca istilah-istilah asing atau yang tidak umum dan mengetahui artinya. Mereka juga perlu belajar memahami apa yang dibaca dengan mendiskusikannya kepada orang lain.
4. Kemampuan Menulis
Anak-anak diharapkan mampu menulis kata-kata yang diucapkan dengan benar. Mereka juga perlu mengetahui kata yang umum dan yang tidak umum untuk memperkaya kosa-katanya. Mereka perlu belajar menulis kalimat sederhana yang bisa dibaca baik oleh dirinya sendiri maupun oleh orang lain.Kemampuan Berhitung
Angka-Angka
Anak-anak diharapkan bisa menghitung dengan benar dari 1 hingga 20. Letakkan objek/ benda secara berurutan, tunjuk satu angka dan tanyakan padanya angka mana yang lebih besar atau lebih kecil dari yang ditunjuk tadi. Ajari juga tentang jumlah benda, dengan menggunakan penjumlahan, pengurangan. Biarkan anak belajar memecahkan masalah matematika dengan mendiskusikannya bersama orang lain.Ukuran, Bentuk, dan Bangun Ruang
Ajak anak-anak untuk memahami ukuran, bentuk dan bangun ruang dengan percakapan sehari-hari. Kenalkan mereka dengan ukurang besar kecil, berat, volume, posisi, jarak, waktu, dan nominal uang untuk membandingkan jumlah dan objek benda. Mereka perlu memcahkan masalah matematis, dengan mengenali, membuat, dan mendeskripsikan pola-pola/ rumusan yang ada. Mereka juga perlu mengeksplorasi Karakteristik setiap bentuk objek dan menggunakan istilah matematika untuk mendeskripsikannya.
(bersambung)
sumber: http://blakesmalltalkblog.dailymail.co.uk/
sumber: http://blakesmalltalkblog.dailymail.co.uk/
0 comments