9 Mei 2015

Persiapan Belajar Anak Usia Dini dari Beragam Aspek (Bagian 3)

Artikel ini lanjutan dari postingan bagian 2 dan bagian 1.

Persiapan Belajar Anak Usia Dini dari Beragam Aspek (Bagian 3)


MEMAHAMI DUNIA

Orang-orang, dan Masyarakat


Anak-anak mampu menjelaskan tentang peristiwa masa lalu dan di masa depan dalam kehidupannya sendiri maupun kehidupan anggota keluarganya. Mereka tahu bahwa anak-anak lain tidak selalu menikmati hal-hal yang sama dan terkadang juga merasa sensitif dengan topik-topik semacam ini.

Anak-anak hendaknya memahami kesamaan dan perbedaan antara diri mereka dan orang lain serta di antara keluarganya, masyarakat dan tradisi yang ada.

Memahami Dunia Luar

Anak-anak memahami tentang kesamaan dan perbedaan terkait dengan tempat, objek, material, dan makhluk hidup lainnya.

Mereka bisa menjelaskan tentang hal-hal yang dekat dengan lingkungannya dan bagaimana lingkungan itu bisa berbeda satu sama lain. Mereka bisa mengamai hewan dan tumbuhan serta menjelaskan mengapa beberapa hal bisa terjadi dan bisa menjelaskan perubahan tersebut.

Teknologi


Anak-anak bisa mengenali jangkauan teknologi yang biasa dilakukan di sejumlah tempat misalnyadi rumah dan sekolah. Mereka menyeleksi dan menggunakan teknologi untuk tujuan tertentu.

EKSPRESI SENI DAN DESAIN


Eksplorasi Bahan dan Media

Anak-anak bisa menggunakan seni dan bereksperimen dengan benda-benda seni yang ada. Mereka bisa menggunakan berbagai variasi material, alat, dan teknik  secara amanwarna, desain, tekstur, beragam bentuk dan fungsi dari media seni.

 (baca juga : Menggambar, Salah Satu Kunci Mengembangkan Kreativitas Anak)

Menjadi Imajinatif


Anak-anak menggunakan apa yang mereka pelajari tentang media dan bahan secara original, lalu berpikir tentang kegunaan dan tujuannya. Mereka menggambarkan ide-ide mereka sendiri, pemikiran tentang desain dan teknologi, seni, role play, dan cerita.

sumber:
My book Small Talk: Simple ways to boost your child's speech and language development from birth

Load disqus comments

2 comments