14 Mei 2016

Mengenal Ragam Bahan Pengembang untuk Kue

Tidak semua orang berhasil dalam membuat kue. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal itu, misalnya tidak menyesuaikan dengan resep yang disarankan, atau kalaupun sudah sesuai resep ada bahan yang beda hasilnya karena merk yang dipakai berbeda. Perbedaan memahami bahan yang dipakai dalam pembuatan kue pun bisa menjadi salah satu faktor kegagalan dalam membuat kue. Misalnya penggunaan bahan-bahan pengembang.

Bahan pengembang pun banyak macamnya. Di antara yang bisa saya tulis di blog ini adalah:

1. Soda Kue
2. Baking Powder
3. Ragi Instan
4. Amoniak

Mari kita bahas bahan-bahan ini satu persatu.
----

Soda Kue

Soda kue merupakan bahan tambahan dalam pembuatan kue dengan karakteristiknya yang berbentuk bubuk putih. Fungsinya sudah jelas sebagai bahan untuk mengembangkan adonan bisa untuk kue, roti, biskuit, bahkan gorengan.

Soda kue ini mampu membantu menjadikan adonan berongga-rongga karena fungsinya yang membantu pelepasan air. Adonan pun bisa mengembang cantik jika takarannya tepat.

Baking Powder

bahan ini terbuat dari soda kue dan campuran cream of tartar.Fungsi baking powder adalah untuk mengembangkan adonan karena kemampuannya dalam melepaskan gas  CO2.

Baking powder biasa dijual dalam bentuk bubuk putih.

Ragi Instan

Selain berfungsi sebagai pengembang, ragi instan bisa membantu adonan menjadi lebih elastis. Butiran ragi instan lebih besar dari bubuk soda kue maupun baking powder.

Ragi instan bisa langsung dimasukkan ke dalam adonan tepung meski belum ditambahkan cairan dalam pembuatan kue. Salah satu merk ragi instan yang banyak dipakai adalah Fermipan.


Amoniak

Amoniak berbetuk bubuk dan memiliki aroma khas yang kurang sedap. Meski berbau penggunaan amoniak dalam kadar dan takaran yang pas tidak akan berdampak pada hasil jadi makanan yang dibuat. Karena selama proses pemasakan, aroma amoniak bisa hilang dengan sendirinya.

Makanan yang bisa ditambahkan amoniak adalah gorengan dan bakpao. Hasil jadi makanan dengan tambahan amoniak yakni bakpao yang bisa lebih mekar/ mengembang dan gorengan yang lebih krispi.

Saya sendiri sudah mencoba 3 jenis bahan pengembang selama membuat kue. Baking powder, soda kue, dan ragi instan biasanya yang saya pakai. Memang dengan tambahan bahan pengembang, kue yang dibuat jadi lebih mekar dan empuk. Pernah saya coba skip ragi instan saat bikin donat, hasilnya malah aneh. Donatnya jadi lebih sedikit hasil jadinya dan rasanya juga agak keras, kurang lembut saat di mulut.

Meski begitu tidak semua kue butuh bahan pengembang ya, kalau bikin brownies misalnya, saya justru skip bahan ini karena menurut saya brownies haruslah bantat..hehe. Kalau nggak bantat/padat, bukan brownies namanya.


Load disqus comments

0 comments